PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (studi kasus pada PT Sanggar Mas Jaya)

Widyatama Repository

PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (studi kasus pada PT Sanggar Mas Jaya)

Show full item record

Title: PERAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (studi kasus pada PT Sanggar Mas Jaya)
Author: Mulyana, Ilham
Abstract: Salah satu kekayaan perusahaan yang memerlukan perlindungan secara penuh adalah persediaan, yang merupakan salah satu asset yang besar bagi perusahaan dagang, karena menunjang kelangsungan hidup perusahaan. Untuk itu persediaan memerlukan pengelolaan yang seksama untuk menunjang kelancaran jalannya operasi perusahaan. Pengelolaan persediaan merupakan fase yang sangat penting dalam proses pengelolaan perusahaan. Agar pengelolaan persediaan dapat menunjang pengelolaan perusahaan maka dibutuhkan suatu sistem informasi akuntansi persediaan yang memadai. Dalam hal ini penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut : Apakah Pelaksanaan sistem informasi akuntansi atas persediaan barang dagangan telah diterapkan secara memadai dan Apakah pengendalian internal persediaan barang dagangan telah dilaksanakan secara efektif. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menilai penerapan sistem informasi akuntansi persediaan barang dagangan yang ada di dalam perusahaan, dan untuk mengetahui apakah pengendalian persediaan barang dagangan telah dilaksanakan secara efektif. Objek dalam penelitian ini adalah peranan sistem informasi akuntansi persediaan barang dagangan sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian persediaan barang dagangan pada PT. Sanggar Mas Jaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan survey melalui wawancara, kuesioner dan observasi langsung dilapangan. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi yang dilaksanakan oleh PT Sanggar Mas Jaya dapat menunjang efektivitas pengendalian persediaan barang dagangan. Dapat dilihat dari pemenuhan penjualan tiap bulannya dan adanya prosedur dan otorisasi yang memungkinkan terjadinya pengecekan silang diantara bagian di dalam perusahaan dan adanya penanggulangan resiko yang akan terjadi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5418
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.384Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.79Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 24.98Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.14Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.80Kb PDF View/Open
DaftarTabel.pdf 21.73Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 21.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.21Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.35Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 38.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 97.82Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.34Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record