PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi Kasus pada PT PINDAD (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi Kasus pada PT PINDAD (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GAJI DAN UPAH (Studi Kasus pada PT PINDAD (Persero) Bandung)
Author: Hartatik, Sri
Abstract: Masalah gaji dan upah merupakan hal yang kritis dan sensitif karena mencakup jumlah yang materiil. Gaji dan upah merupakan bentuk kompensasi yang dibayar oleh perusahaan kepada para pegawai atas jasa yang diberikan oleh para pegawai. Untuk menghindari terjadinya kecurangan dan manipulasi dalam pembayaran gaji dan upah kepada karyawan, diperlukan penyusunan dan penggunaan beserta pengendalian anggaran yang cukup baik. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT PINDAD (Persero) Bandung yang bergerak dalam industri bidang munisi senjata, bahan peledak serta produk lain, untuk mendukung Dephankam yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara. Adapun yang menjadi objek penelitiannya adalah peranan anggaran gaji dan upah sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian gaji dan upah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penyusunan dan penerapan anggaran gaji dan upah perusahaan, mengetahui efektivitas pengendalian gaji dan upah, serta mengetahui peranan anggaran gaji dan upah dalam menunjang efektivitas Pengendalain gaji dan upah pada PT PINDAD (Persero). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan studi kasus, untuk mengumpulkan data digunakan kuesioner, wawancara, dan observasi langsung. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis statistik. Dalam penelitian ini, diperoleh realisasi anggaran gaji sebesar 91,63% dari yang telah direncanakan dan dapat dikatakan efisien karena realisasi Rp.35.205.407 tersebut lebih kecil dari yang direncanakan. Sedangkan untuk realisasi upah sebesar 102.33% dari yang direncanakan dan dapat dikatakan efektif karena realisasi Rp.33.368.581 tersebut lebih besar dari yang direncanakan. Hal ini masih ditoleransi karena tidak melebihi batas toleransi penyimpangan anggaran yang ditetapkan sebesar 10%. Dari hasil pengujian hipotesis, hubungan variabel independen dan dependen diperoleh nilai sebesar 87,29%. Jadi, dapat dikatakan bahwa anggaran gaji dan upah berperan dalam menunjang keefektifan pengendalian gaji dan upah pada PT PINDAD (Persero) Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5401
Date: 2004


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.68Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.15Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.97Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.14Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 41.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.76Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 72.37Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 116.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.67Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record