STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi kasus pada PT. IRS Teknologis)

Widyatama Repository

STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi kasus pada PT. IRS Teknologis)

Show full item record

Title: STUDI PENERAPAN ANALISIS BIAYA DIFFERENSIAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi kasus pada PT. IRS Teknologis)
Author: Andriani, Ratih
Abstract: Salah satu tujuan perusahaan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan dan memperoleh laba yang optimal melalui penggunaan sumber-sumber daya Perusahaan secara efektif dan efisien dalam semua aspek dan kegiatannya. Perusahaan selain melakukan penjualan reguler juga menerima pesanan khusus untuk mengoptimalkan labanya. Untuk menerima pesanan khusus tersebut pihak manajemen membutuhkan dasar informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan salah satu alat bantu manajemen dalam pengambilan keputusan adalah analisis biaya. Analisis biaya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah analisis biaya differensial. Penelitian ini berangkat dari masalah apakah penerapan analisis biaya differensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada perusahaan sudah memadai Sehubungan dengan masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada PT. IRS Teknologis dengan judul “Studi Penerapan Analisis Biaya Differensial Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus”. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah agar penulis mengetahui apakah penerapan analisis biaya differensial di PT. IRS Teknologis sudah memadai. Metode yang digunakan penulis adalah Metode Deskriptif Analitis yaitu menyelidiki, mengumpulkan, menyusun serta menganalisis data masalah, kemudian disusun pembahasannya yang sistematis sehingga dapat dipahami masalahnya. Teknik penelitian yang dilakukan merupakan studi kasus artinya penulis mengambil kasus yang terjadi pada perusahaan. Dalam studi kasus ini penulis berusaha mengumpulkan data invinitif yang relevan dengan masalah yang dibahas. Dari hasil analisis biaya differensial dalam menerima pesanan khusus pada tahun 2005 telah menghasilkan laba sebesar Rp. 36.152.500. Hal ini berarti analisis biaya diferensial sangat berperan dalam memisahkan laba perusahaan. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa PT. IRS Teknologis telah melaksanan penerapan analisis biaya differensial dengan memadai, dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5342
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.702Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.51Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.77Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.75Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 37.42Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 88.96Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 41.20Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 145.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.29Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record