PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN KEBIJAKAN DIVIDEN (Survey pada perusahaan kelompok Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN KEBIJAKAN DIVIDEN (Survey pada perusahaan kelompok Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN KEBIJAKAN DIVIDEN (Survey pada perusahaan kelompok Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Reynaldi, Erwin
Abstract: Pada era globalisasi perekonomian Indonesia telah memasuki tahapan baru yaitu tahap dimana peran pasar modal telah menjadi sangat penting, sehingga mendorong investor mengikutsertakan modal yang dimilikinya untuk diinvestasikan pada suatu perusahan dengan harapan akan mendapatkan Dividen dan Capital gain yang memuaskan. Salah satu perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi saham yang terus meningkat yaitu pada sektor industri barang konsumsi. Pada dasarnya investor akan melakukan investasi jika investasi tersebut memberikan imbalan yang sesuai dengan resiko yang ditanggungnya. Untuk itu investor memerlukan pertimbanganpertimbangan yang matang sebelum melakukan investasi. Setiap keputusan investor didasarkan pada analisa yang baik. Analisa yang umum digunakan oleh investor salah satunya dengan melihat kinerja keuangan perusahaan. Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian, yang kemudian hasilnya dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Terhadap Perubahan Harga Saham dan Kebijakan Dividen” Survei pada Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap perubahan harga saham dan kebijakan dividen. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dan verifikatif. Penulis menggunakan perhitungan dengan metode statistik analisis regresi sederhana, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji signifikansi. Dari hasil perhitungan analisa statistik diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu : Y1 = 4.466 + 1.886 x + e dan Y2 = 0.268 + 0.011 x + e. Koefisien determinasi multiple R² = 0,104 atau 10.4% dan 0,095 atau 9,5%. Ini berarti 10.4% perubahan harga saham dan 9,5% kebijakan dividen dipengaruhi oleh kinerja keuangan perusahaan. Hasil yang diperoleh dari perbandingan tingkat signifikansi adalah Ho ditolak karena nilai signifikansi 0,010 < 0,05 maka variabel independen (kinerja keuangan) berpengaruh terhadap variabel dependen (perubahan harga saham) dan hasil yang diperoleh dari perbandingan tingkat signifikansi adalah Ho ditolak karena nilai signifikansi 0,014 < 0,05 maka variabel independen (kinerja keuangan) berpengaruh terhadap variabel dependen (kebijakan dividen).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5233
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 76.91Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 78.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 85.82Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 73.95Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 71.60Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 128.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 201.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 135.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 178.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 92.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 76.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record