AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)

Widyatama Repository

AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)

Show full item record

Title: AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)
Author: PRAWESTI, MELATI INTAN
Abstract: ABSTRAK Akuntansi Sumber Daya Manusia dan Dampaknya Terhadap Kinerja Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk) Akuntansi sumber daya manusia merupakan suatu proses pengidentifikasian dan pengukuran data mengenai sumber daya manusia dan pengkomunikasian informasi terhadap pihak-pihak yang berkepentingan. Berdasarkan pendekatan akuntansi sumber daya manusia tersebut pengeluaran atas sumber daya manusia diperlakukan sebagai investasi pada manusia yang akan dilaporkan sebagai aset di laporan posisi keuangan perusahaan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja laporan keuangan berdasarkan akuntansi konvensional, bagaimana menerapkan akuntansi sumber daya manusia pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk dan bagaimana kinerja laporan keuangan berdasarkan akuntansi sumber daya manusia, serta untuk mengetahui perbandingan kinerja laporan keuangan berdasarkan akuntansi konvensional dan akuntansi sumber daya manusia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji-t untuk dua sampel yang berpasangan (paired sample t-test). Paired sample t-test yaitu analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu pengaruh atas perlakuan tertentu, perlakuan yang dimaksud disini adalah melakukan penerapan akuntansi sumber daya manusia terhadap laporan keuangan perusahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan data yang berpasangan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja laporan keuangan bank berdasarkan akuntansi konvensional kinerja laporan keuangan bank berdasarkan akuntansi sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan kinerja laporan keuangan dengan menggunakan analisa rasio rentalibilitas seperti ROA, ROE, BOPO dan NPM berdasarkan akuntansi konvensional dan akuntansi sumber daya manusia tidak menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Namun hasil yang menunjukan bahwa memang terdapat perubahan dan perbedaan terkait penerapan akuntansi sumber daya manusia pada bank bjb ini ditunjukan pada analisis descriptif yang disajikan dengan mencari nilai minimun dan maksimum yang menunjukan terdapat selisih rata-rata pada analisa rasio rentabilitas yang digunakan serta adanya perubahan nilai aset, beban, laba dan ekuitas pada laporan keuangan bank bjb. Keywords: human resource accounting, financial report performance
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/2447
Date: 2012-06


Files in this item

Files Size Format View Description
cover.pdf 31.69Kb PDF View/Open cover
ABSTRAK.pdf 40.71Kb PDF View/Open abstrak
pengesahan.pdf 34.37Kb PDF View/Open lembar pengesahan
SURAT PERNYATAAN.pdf 33.97Kb PDF View/Open surat pernyataan
DAFTAR ISI dll.pdf 69.60Kb PDF View/Open daftar isi
BAB I.pdf 70.72Kb PDF View/Open BAB I

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record