PENGARUH PERSPEKTIF KEUANGAN, PELANGGAN, PROSES BISNIS INTERNAL, SERTA PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN SESUAI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) TERHADAP KINERJA PT. XXX BANDUNG.
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pengukuran
kinerja dengan metode balanced scorecard dari perspektif keuangan, pelanggan,
proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja
PT. XXX Bandung. Variabel independen yang digunakan adalah perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan variabel dependen yaitu kinerja
perusahaan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah deskriptif dan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di PT. XXX Bandung. Jumlah sampel
yang ditentukan dalam penelitan ini yaitu sebesar 33 responden. Pengambilan
sampel dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para karyawan
PT. XXX Bandung secara acak. Analisis pengujian yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji f.
Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil uji t, metode balanced scorecard
dari perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal terhadap kinerja
PT. XXX Bandung berpengaruh signifikan secara parsial. Sedangkan perspektif
pelanggan, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan
secara parsial. Dalam hasil uji f, metode balanced scorecard dari perspektif
keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap
kinerja PT.XXX Bandung.
Description
Keywords
Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Pengukuran Kinerja, Company Performance, Performance Measurement