PENGARUH PERSPEKTIF KEUANGAN, PELANGGAN, PROSES BISNIS INTERNAL, SERTA PEMBELAJARAN DAN PERTUMBUHAN SESUAI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) TERHADAP KINERJA PT. XXX BANDUNG.

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja PT. XXX Bandung. Variabel independen yang digunakan adalah perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan variabel dependen yaitu kinerja perusahaan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah deskriptif dan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di PT. XXX Bandung. Jumlah sampel yang ditentukan dalam penelitan ini yaitu sebesar 33 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada para karyawan PT. XXX Bandung secara acak. Analisis pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil uji t, metode balanced scorecard dari perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal terhadap kinerja PT. XXX Bandung berpengaruh signifikan secara parsial. Sedangkan perspektif pelanggan, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan secara parsial. Dalam hasil uji f, metode balanced scorecard dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja PT.XXX Bandung.
Description
Keywords
Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan, Pengukuran Kinerja, Company Performance, Performance Measurement
Citation