ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOMODITAS TEH INDONESIA, INDIA DAN VIETNAM PERIODE 2007-2017

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis daya saing ekspor komoditas teh. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data ekspor komoditas teh Indonesia, India dan Vietnam selama periode 2007-2017. Data diperoleh dari nilai dan volume ekspor teh di pasar internasional. Metode analisis yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), dan Constant Market Share Analysis (CMSA). Hasil penelitian menunjukan bahwa Indonesia, India dan Vietnam memiliki daya saing komparatif karena memiliki nilai positif lebih dari satu. Dari hasil analisa daya saing kompetitif menunjukan Indonesia berada dalam tahap pertumbuhan, berbeda dengan India dan Vietnam yang berada dalam tahap pematangan. Sedangkan analisis CMSA menunjukan bahwa efek yang lebih mempengaruhi keunggulan komparatif dan kompetitif Indonesia adalah Efek Pertumbuhan Standar, Efek Distribusi Pasar dan Efek Daya Saing, dimana dalam hal ini memiliki nilai yang lebih rendah dari India dan Vietnam.
Description
Keywords
Teh, Daya Saing, Revealed Comparative Advantage (RCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP), Constant Market Share Analysis (CMSA), Tea, Competitive, Trade Specialization Index (ISP)
Citation