PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Widyatama Bandung)
Loading...
Date
2022
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Marketplace adalah platform yang perannya sebagai perantara antara penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi produk secara online. promosi adalah kegiatan
pemasaran yang tujuannya untuk mengkomunikasikan, menyampaikan dan juga
membujuk pelanggan agar dapat mengingat produk yang dihasilkan oleh suatu
perusahaan. Begitu juga dengan harga. Kedua aspek tersebut dianggap dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) promosi (2) harga (3) keputusan pembelian (4)
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian (5) pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian (6) pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan
pembelian pada marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif verifikatif. Metode deskriptif digunakan untuk memperoleh hasil
penelitian promosi, harga, dan keputusan pembelian. Metode verifikasi digunakan
untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian
pada marketplace Shopee. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu nonprobability
sampling dengan jumlah sampel 120 orang. Pengolahan data
menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien
korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh
harga terhadap keputusan pembelian serta terdapat pengaruh secara bersama-sama
antara promosi dan harga terhadap keputusan pembelian. Adapun dapat
disimpulkan bahwa (1) promosi marketplace Shopee dikategorikan baik (2) harga
marketplace Shopee dikategorikan baik (3) keputusan pembelian pada
marketplace Shopee dikategorikan sangat baik (4) promosi dapat mempengaruhi
keputusan pembelian (5) harga dapat mempengaruhi keputusan pembelian (6)
promosi dan harga mempengaruhi keputusan pembelian.
Description
Keywords
Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Marketplace Shopee, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian, Marketplace Shopee