PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE PADA PRODUK JASA PEMBIAYAAN KREDIT MOBIL PT. MAYBANK INDONESIA FINANCE BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Penulis terdorong untuk menulis penelitian di bidang pemasaran yang memusatkan penelitian pada perilaku pembelian konsumen pada produk jasa kredit kendaraan bermotor pada PT Maybank Finance di Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan atau konsumen Maybank Finance yang ada di Bandung yang melakukan pembiayaan kredit mobil pada periode 5 tahun terakhir (2016-2020) yang berjumlah 8.000 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling melalui metode random sampling. ditentukan sampel mana yang berperan sebagai responden dari penelitian ini berjumlah 100 responden. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi daftar pertanyaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 3. Dari hasil penelitian, ada pengaruh positif dan signifikan antara word of mouth terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, ada pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand image, ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand image, dan ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Untuk itu peneliti menyarankan perusahaan membentuk adanya word of mouth yang positif merupakan salah satu dasar dari munculnya brand image dan keputusan pembelian yang lebih baik di kemudian hari. Selain itu, adanya kualitas produk yang baik merupakan suatu dasar untuk membentuk brand image dan keputusan pembelian di kemudian hari.
Description
Keywords
word of mouth, kualitas produk, keputusan pembelian, brand image, product quality, purchasing decisions
Citation
Collections