DESAIN WEB E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DAN PENJUALAN BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SELAMA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus (Rokusan Addict)
Loading...
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik
Abstract
Pemanfaatan metode pemasaran yang baik bagi UMKM untuk meningkatkan
penjualan dapat memudahkan penjual dan konsumen untuk menjangkau mereka
bahkan di masa pandemi COVID-19. Terjadi penurunan minat masyarakat untuk
membeli produk yang dipengaruhi oleh cara pemasaran yang manual.
Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau yang sering
disebut dengan e-commerce bagi perusahaan kecil dapat memberikan keleluasaan
dalam produksi, memungkinkan pengiriman yang lebih cepat kepada pelanggan.
Di masa pandemi, terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat
dari offline menjadi online. Pelaku UMKM pasti mengalami kesulitan dalam
mencapai target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu. Perubahan pola
tersebut harus diikuti oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk tetap
bertahan dan berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal.
Perancangan sistem ini didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan pengguna yang ada
dalam kegiatan bisnis terkait dengan kondisi penjualan dan pemasaran.
Perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data, yang mencakup
metode observasi dan metode wawancara. Proses analisis yang digunakan adalah
PIECES ANALYSIS yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan database dan
antarmuka pengguna. Desain sistem mecakup Desain, Implementasi, dan
Pemeliharaan. Pada tahap pengujian, penelitian ini menggunakan pengujian Black
Box untuk menguji hasil input dan output sudah sesuai atau tidak. Hasil dari
keseluruhan menggunakan pengujian Black Box ini mencapai kesesuaian yang
sempurna dan disimpulkan bahwa desain dari website e-commerce yang dibuat
sudah dapat di terima dan memiliki fungsionalitas yang positif bagi pengguna.
Description
Keywords
Rokusan Addict, E-Commerce, Pemasaran, Covid-19