TINDAK TUTUR EKSPRESIF MENGELUH DALAM ANIME TANAKA KUN WA ITSUMO KEDARUGE (Kajian Pragmatik) 『アニメ「田中くんはいつもけだるげ」における不満表現的な発話行為』(語用論研究)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia di muka bumi ini, dengan bahasa kita dapat mengerti apa yang orang lain ingin sampaikan kepada kita baik dengan bahasa lisan, tulisan, formal maupun informal. Dengan adanya bahasa kita melakukan suatu tindakan untuk menyampaikan bahasa tersebut kepada mitra tutur atau yang sering disebut dengan lawan bicara kita agar dapat menangkap maksud dari apa yang kita sampaikan atau kita tuturkan. Dalam bahasa terdapat tindak tutur, tindak tutur merupakan bagian dari pada ilmu pragmatik. Tindak tutur merupakan pengujaran kalimat untuk menyatakan agar suatu maksud dari pembicara diketahui oleh lawan bicara. Dalam tindak tutur sendiri terdapat tiga bagian utama, yaitu lokusi, ilokusi dan perlokusi. Masing-masing dari tiga pilar utama tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam melakukan suatu tuturan agar suatu tuturan dapat menjadi tuturan yang mudah dimengerti oleh lawan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk-bentuk tindak tutur beserta strategi mengeluh yang digunakan dalam sebuah karya animasi jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan meneliti tuturan-tuturan yang terjadi dalam data. Data yang digunakan oleh peneliti diperoleh dari anime yang berjudul Tanaka kun wa Itsumo Kedaruge dimana dalam anime tersebut terdapat banyak tuturan keluhan yang menjadi sumber penelitian. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasi bentuk tindak tutur serta strategi mengeluh yang digunakan menggunakan teori yang telah ada. Hasil penelitian ditemukan bentuk tindak tutur sebanyak 54 data dengan bentuk tindak tutur langsung dengan sub kategori kalimat berita (declarative) sebanyak 32 data, kalimat tanya (interrogative) sebanyak 5 data. bentuk tindak tutur tidak langsung sebanyak 17 data, Data keluhan ditemukan 54 data dengan keluhan implisit dengan sub kategori isyarat (hint) sebanyak 20 data, ungkapan kekesalan/ketidaksetujuan dengan sub kategori kekesalan (nance) sebanyak 22 data, konsekuensi yang menyakitkan (ill consequences) sebanyak 9 data, tuduhan dengan sub kategori tuduhan langsung (direct accusation) sebanyak 1 data, menyalahkan secara eksplisit (sikap) explicit blame (behavior) sebanyak 2 data.
Description
Keywords
Pragmatik, Bentuk Tindak Tutur, Strategi Mengeluh, Pragmatics, Speech Acts, Complaining Strategy
Citation