PERANCANGAN E-COMMERCE PERIKANAN SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI DALAM PANDEMI COVID 19

Abstract
Penggunaan metode pemasaran yang baik untuk produk perikanan dapat memudahkan konsumen untuk menjangkau mereka bahkan di masa pandemi COVID-19. Penurunan minat masyarakat untuk konsumsi produk dipengaruhi oleh metode pemasaran yang masih manual pada masa Pandemi COVID-19. Pemanfaatan teknologi informasi e-commerce ini berencana sebagai media pemasaran produk perikanan untuk mewujudkan penawaran produk perikanan antara konsumen dan produsen meskipun terjadinya pembatasan aktivitas sosial. Pengumpulan data kegiatan penawaran dilakukan dengan observasi langsung pada produsen hasil perikanan yang berada di wilayah pesisir utara pulau kalimantan dengan masyarakat sekitar beserta petani tambak dan budidaya laut setempat. E-commerce menjadikan pengguna tidak perlu melakukan pertemuan sebelum penawaran terjadi. Perancangan dilakukan dengan metode design thinking dan pemodelan diagram menggunakan UML. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pengalaman penggunaan antarmuka e-commerce dalam menampilkan produk yang ditawarkan hingga terjadi pemesanan produk memiliki nilai keberhasilan yang tinggi.
Description
Keywords
Perikanan, e-commerce, Covid-19, Fisheries
Citation