PERANCANGAN E-COMMERCE PERIKANAN SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI DALAM PANDEMI COVID 19
Loading...
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Sistem Informasi S1 Fakultas Teknik
Abstract
Penggunaan metode pemasaran yang baik untuk produk perikanan dapat memudahkan
konsumen untuk menjangkau mereka bahkan di masa pandemi COVID-19. Penurunan
minat masyarakat untuk konsumsi produk dipengaruhi oleh metode pemasaran yang masih
manual pada masa Pandemi COVID-19. Pemanfaatan teknologi informasi e-commerce ini
berencana sebagai media pemasaran produk perikanan untuk mewujudkan penawaran
produk perikanan antara konsumen dan produsen meskipun terjadinya pembatasan aktivitas
sosial. Pengumpulan data kegiatan penawaran dilakukan dengan observasi langsung pada
produsen hasil perikanan yang berada di wilayah pesisir utara pulau kalimantan dengan
masyarakat sekitar beserta petani tambak dan budidaya laut setempat. E-commerce
menjadikan pengguna tidak perlu melakukan pertemuan sebelum penawaran terjadi.
Perancangan dilakukan dengan metode design thinking dan pemodelan diagram
menggunakan UML. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pengalaman penggunaan
antarmuka e-commerce dalam menampilkan produk yang ditawarkan hingga terjadi
pemesanan produk memiliki nilai keberhasilan yang tinggi.
Description
Keywords
Perikanan, e-commerce, Covid-19, Fisheries