ANALISIS DAN EVALUASI KEMATANGAN EGOVERNMENT PADA PERANGKAT REGIONAL JAWA BARAT BERDASARKAN SPBE (Studi Kasus: Layanan Perpustakaan dan Arsip Daerah)

Abstract
Laporan penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh Pedoman evaluasi SPBE pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (Dispusipda Jabar). E-Government dapat diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Sedangkan Manajemen Teknologi Informasi adalah sebuah monitoring dan administrasi sistem organisasi teknologi informasi. Adapun yang melatar belakangi penulis untuk membuat laporan penelitian ini adalah bagaimana kemajuan teknologi yang berkembang semakin pesat pada saat ini, dengan dilakukan pedoman evaluasi SPBE adalah untuk memberikan pedoman evaluasi pelaksanaan SPBE di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (Dispusipda Jabar). Pedoman evaluasi ini mengatur perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi SPBE. Ruang lingkup penyelenggaraan SPBE di Instansi Pemerintah Pusat Dan Daerah yang akan dievaluasi meliputi tata kelola SPBE, pelayanan SPBE, dan kebijakan SPBE. Penulis menganalisis dan mengevaluasi tingkat kematangan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah di Jawa Barat. Metode penelitian dalam evaluasi SPBE dilakukan melalui evaluasi mandiri dan evaluasi eksternal. Metode melakukan evaluasi mandiri dan evaluasi eksternal menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode berikut: Evaluasi dokumen dari penjelasan dan bukti pendukung oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah. Dan melakukan Wawancara observasi kepada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Jawa Barat dan Metode tingkat kematangan pada evaluasi TIK dikembangkan berdasarkan model CMMI dan egovernment Maturity. Hasil kematangan yang diperoleh di bawah 4 yang berarti indeks masih jauh dari kematangan, dan hasil penelitian ini merekomendasikan beberapa hal untuk meningkatkan tingkat kematangan pada DISPUSIPDA di beberapa domain.
Description
Keywords
SPBE, E-Government, West Java, Regional Library And Archives Service, Maturity, Jawa Barat, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah
Citation