ANALISIS EFEKTIFITAS KEGIATAN BERLAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID 19 (STUDY PENELITIAN PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektivitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada masa pandemi Covid 19 di Universitas Widyatama. Dikarenakan adanya wabah Covid- 19, model pembelajaran yang sebelumnya dilakukan pembelajaran tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama angkatan 2018 dan 2019 sebanyak 1.484 orang, dengan sampel sebanyak 80 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa survey menggunakan kuesioner dengan platform google form. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk teknik pengolahan dan analisis data. Program SPSS versi 20.0 digunakan untuk menghitung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang berubah menjadi online kurang efektif sehingga menurunkan motivasi belajar siswa dan berdampak pada prestasi belajar siswa.
Description
Keywords
Efektivitas Belajar, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Citation