PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2019)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Akuntansi, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance dan kualitas audit terhadap manajemen laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2019. Variabel independen dalam penelitian ini adalah indepedensi dewan komisari, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kompetensi komite audit, dan kualitas audit. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini memakai metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang didapat dari dokumentasi dan model regresi data panel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2018-2019. Untuk menentukan Sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan diperoleh sebanyak 95 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial mekanisme good corporate governance yang diukur menggunakan independensi dewan komisaris, kepemilikan institusional, kompetensi komite audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.
Description
Keywords
indepedensi dewan komisaris, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kompetensi komite audit, Kualitas Audit, Manajemen Laba, board of commissioners’ independence, managerial ownership, institutional ownership, audit committee competence, audit quality, earnings management
Citation
Collections