ANALISIS MAJAS SINDIRAN TERHADAP PANDANGAN KEHIDUPAN DI MASYARAKAT SOSIAL DARI LIRIK LAGU “INOCHI NI KIRAWARETEIRU” (Kajian Semantik) 『命に嫌われている』の歌詞から、社会における社会的県会に対するの観点に対して 風刺分析 (意味論の研究)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2022
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi S1 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Majas sindiran adalah gaya bahasa yang digunakan untuk menyindir seseorang atau suatu hal. Pada suatu karya sastra biasanya menggunakan majas untuk memanfaatkan kekayaan bahasa sehingga membuat suatu karya sastra semakin hidup. Misalnya sebuah lagu bukan hanya dinikmati nada atau iramanya saja, tetapi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan pada pendengarnya. Sehingga majas sindiran pada lagu digunakan penulis lagu untuk menyampaikan kritik atau pun saran dengan cara menyindir seseorang atau suatu keadaan lewat lirik-lirik lagu yang disampaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis-jenis majas sindiran apa saja yang digunakan dan mengetahui apa makna dari penggunaan majas sindiran pada suatu lirik dalam lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggambarkan situasi dan analisis data. Data diperoleh dari lagu Jepang yaitu Inochi ni Kirawareteiru, karena lagu ini sempat viral di media sosial yang berhubungan dengan anime/manga. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi makna setiap sindiran yang ditemukan secara semantik dan menyesuaikan datanya menurut Chaer, jenis majas sindiran dari Waridah, Fitri, dan Ratna, sedangkan pengertian majas sindiran dari Aminuddin, Keraf, dan Waluyo. Dari penelitian ditemukan 32 data ungkapan sindiran yang terdiri dari 5 majas sindiran, yaitu 5 majas ironi, 5 majas sinisme, 4 majas sarkasme, dan majas sindiran yang paling banyak yaitu 9 majas satire dan 9 majas innuendo.
Description
Keywords
Pengertian majas sindiran, lagu Jepang, jenis majas sindiran, Definition of satire figure of speech, Japanese songs, types of satire figure of speech
Citation