PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas pada manufaktur sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan sebagai variabel independen, sedangkan profitabilitas sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah manufaktur sub sektor industry makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018 yang berjumlah 30 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan berpengaruh terhadap profitabilitas. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa besarnya pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan dalam menberikan kontribusi pengaruh terhadap profitabilitas sebesar 71,5%.
Description
Keywords
Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, dan Profitabilitas., Cash Turnover, Inventory Turnover, Profitability, and Receivable Turnover.
Citation