ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM UPAYA MENGOPTIMALKAN PELAYANAN TERHADAP PASIEN PADA LOKET PENDAFTARAN POLI UMUM DI PUSKESMAS PASUNDAN KOTA BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Puskesmas tidak hanya dituntut untuk menyelenggarakan kesehatan tetapi juga harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien. Dan antrian adalah satu fenomena yang sering ditemui dalam fasilitas pelayanan publik, seperti puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem antrian dan mengetahui jumlah loket yang optimal untuk pelayanan pasien pada poli umum Puskesmas Pasundan Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Antrian yang digunakan Puskesmas Pasundan dirasa belum optimal karena menggunakan model antrian Single Channel-Multi Phase atau antrian jalur tunggal dengan waktu tunggu melebihi standar pelayanan minumum. Dalam masalah tersebut penulis mengembangkan model antrian menjadi Multi ChannelMulti Phase (M/M/S) atau model antrian jalur berganda dengan penggabungan loket pendaftaran dan penambahan jumlah dokter menjadi 2 dokter maka waktu tunggu yang dihabiskan pasien dalam sistem dimulai pasien datang sampai pasien selesai dilayani yaitu selama 9,74 menit dan rata-rata jumlah pasien menunggu sebanyak 1 orang maka menghasilkan waktu tunggu sesuai dengan standar pelayanan minimum pada Puskesmas Pasundan.
Description
Keywords
Sistem Antrian, Waktu Tunggu, Puskesmas, Queue System, Waiting Time, Health Center
Citation