DAMPAK ANIME TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MAHASISWA PRODI D3 BAHASA JEPANG UNIVERSITAS WIDYATAMA ウィディアタマ大学のディプロマの日本語学生にアニメの影響

Abstract
Bahasa Jepang adalah bahasa kedua yang paling banyak dipelajari setelah bahasa China. Di Indonesia sendiri, siswa yang belajar bahasa Jepang mencapai 872.411 orang. Siswa yang mulai mempelajari bahasa Jepang awalnya karena tertarik akan bahasa dan budayanya. Tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, para siswa mulai mempelajari bahasa Jepang dengan alasan yang lebih spesifik seperti : ingin pergi ke Negara Jepang, ingin bekerja disana dan ingin meneruskan pendidikan di Negeri sakura tersebut. Anime menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh para siswa untuk melatih serta mengembankan kemampuanya dalam berbahasa Jepang. Selain tampilannya yang menarik, anime memiliki gaya bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti oleh mahasiswa. Media pembelajaran yang digunakan untuk belajar bahasa pun bermacam-macam, seperti audio visual, video, musik, gambar, dan beberapa alat peraga yang digunakan sehingga memudahkan siswa mengembangkan kemampuan bahasa Jepangnya. Pada laporan tugas akhir ini, penulis membahas tentang “Dampak Anime Terhadap Kemampuan Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi D3 Bahasa Jepang Universitas Widyatama”. Teknik yang penulis gunakan untuk penyusunan Tugas Akhir ini adalah dengan menggunakan metode kuesioner. Penulis membuat beberapa pertanyaan yang disusun ke dalam sebuah kuesioner kemudian penulis sebarkan kepada Mahasiswa program studi D3 bahasa Jepang Universitas Widyatama. Dari penelitian tersebut, penulis mendapat simpulan berupa dampak positif juga dampak negatif yang dirasakan oleh Mahasiswa Program Studi D3 Bahasa Jepang Universitas Widyatama
Description
Keywords
Bahasa Jepang, Anime, Media Pembelajaran, Dampak Positif dan Dampak Negatif, Japanese, Learning Media, Positive Impact and Negative Impact
Citation