STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI LPK SO YLPKPKB (BROTHER TRAINING CENTER) CIANJUR DAN KENDALA PENGGUNAAN BAHASA JEPANG PADA KEHIDUPAN INTERNSHIP DI JEPANG チアンジュルの「SO YLPKPKB / Brother Training Center」という 職業訓練機関での日本語学習戦略と日本でのインターンシップ生活における 日本語の使用の障害

Loading...
Thumbnail Image
Date
2021
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi D3 Bahasa Jepang, Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini disusun berdasarkan hasil dari Praktik Kerja Lapangan selama 22 hari di SO YLPKPKB (Brother Training Center), Cianjur. Selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, penulis ditempatkan sebagai pengajar. Pada laporan Tugas Akhir ini, penulis mengangkat tema “Strategi pembelajaran bahasa Jepang di LPK SO YLPKPKB (Brother Training Center) Cianjur dan kendala penggunaan bahasa Jepang pada kehidupan internship di Jepang”. Pada teknik penulisan laporan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif wawancara yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselediki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dengan melakukan percakapan dan tanya jawab yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di SO YLPKPKB (Brother Training Center) supaya peserta magang dapat menguasai bahasa Jepang dan untuk mengetahui kendala penggunaan bahasa Jepang pada kehidupan internship di Jepang. Dari Praktek Kerja Lapangan ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran bahasa Jepang di SO YLPKPKB (Brother Training Center) sudah menerapkan kegiatan pembelajaran yang interaktif dan menyediakan pembekalan ketika berada di Jepang, serta kendala dalam menghafal kanji, membaca kosakata bahasa Jepang, dan berkomunikasi dengan orang Jepang secara langsung oleh peserta magang ketika berada di Jepang.
Description
Keywords
strategi, pembelajaran, kendala, internship, kaiwa, goi, budaya Jepang, choukai, kanji, strategy, learning, constraints, Japanese culture
Citation