PENGARUH TINGKAT HUNIAN KAMAR, JUMLAH WISATAWAN, DAN TARIF KAMAR TERHADAP PENERIMAAN PAJAK HOTEL (Studi pada Kota Serang Periode 2010-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar ketersediaan hotel, jumlah wisatawan, dan tarif kamar secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel pada Kota Serang periode 2010- 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan PAD terutama pada Pajak Hotel selama delapan tahun terakhir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah hotel yang terdapat pada Kota Serang periode 2010- 2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh hotel yang terdapat pada Kota Serang periode 2010-2017 dengan memakai sampling jenuh. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analis regresi linear berganda pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS 2.5. Variabel yang digunakan adalah ketersediaan hotel, jumlah wisatawan, dan tarif kamar. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel tingkat hunian kamar tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel, variabel jumlah wisatawan tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel sedangkan tarif kamar berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa variabel tingkat hunian kamar, jumlah wisatawan, dan tarif kamar berpengaruh terhadap penerimaan pajak hotel. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa variabel ketersediaan hotel, jumlah wisatawan, dan tarif kamar memberikan kontribusi pengaruh terhadap penerimaan pajak hotel sebesar 43,8%.
Description
Keywords
Pajak Hotel, PAD, Tingkat Hunian Kamar, Jumlah Wisatawan, Tarif Kamar, Hotel Tax, Room Occupancy Rates, Number of Tourists, Room Rates
Citation