PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN (pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Strata Dua (S2) Magister Akuntansi pada Program Pascasarjana Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Financial Distress, Dan Earning Per Share (EPS) terhadap Return Saham Perusahaan (pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2018). Variabel penelitian ini terdiri dari Financial Distress dan Earning Per Share (EPS) sebagai variabel independen dan Return Saham sebagai variabel dependen. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala rasio. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purporsive sampling, sehingga terdapat 15 perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan metode regresi data panel dengan Random Effect Model (REM) yang diolah menggunakan software Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Distress dengan perhitungan menggunakan model Zmijewski memiliki pengaruh dengan korelasi negatif terhadap Return Saham. Sedangkan, Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh terhadap Return Saham. Berdasarkan faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap Return Saham tahun 2015-2018, PT Astra Agro Lestari, Tbk (AALI) yang memiliki kinerja keuangan serta kinerja saham terbaik, sedangkan PT Gozco Plantation, Tbk (GZCO) yang memiliki kinerja keuangan dan kinerja saham terburuk jika dibandingkan dengan perusahaan Sub Sektor Perkebunan Kelapa Sawit lainnya yang penulis teliti.
Description
Keywords
Financial Distress dengan model Zmijewski, Earning Per Share (EPS) dan Return Saham., Financial Distress with model Zmijewski, Earning Per Share (EPS) and Stock Return.
Citation
Collections