PENGARUH LIKUIDITAS, PERPUTARAN MODAL KERJA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 pada Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Variabel independen dalam penelitian ini adalah likuiditas, perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan ROE (Return On Equity). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan dengan jumlah sampel 8 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Jenin penelitian ini deskriptif dan verifikatif. Metode penelitian menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis, perputaran modal kerja menunjukkan pengaruh terhadap profitabilitas. Sementara likuiditas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
Description
Keywords
Profitabilitas, Likuiditas, Perputaran Modal Kerja dan Ukuran Perusahaan, Profitability, Liquidity, Working Capital Turnover and Firm Size
Citation