PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN INTEGRASI API SISTEM MARKETING DAN PRODUKSI (Studi Kasus : Sub Unit Sales Intern PT. Megaindo Pertala)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Teknik Informatika S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Saat ini PT. Megaindo Pertala mempunyai beberapa masalah diataranya keterlambatan penyampaian harga karena adanya penentuan harga yang berubah – ubah, proses penerimaan order yang masih manual, dan selain data yang belum terorganisir dengan baik pada proses repeat order, belum mendukungnya kecepatan dalam penyediaan barang untuk menunjang kecepatan dalam proses repeat order yang disesuaikan dengan trend pada masanya. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu penerapan Customer Relationship Management untuk peningkatan loyalitas pelanggan dengan integrasi API Sistem Marketing dan Produksi. Penerapan CRM dengan integrasi API ini dipilih karena akan mampu mengorganisir data order lebih baik, sehingga hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya human error dan juga keterlambatan proses order yang sering terjadi. Penelitian ini diharapkan akan membantu PT. Megaindo Pertala khususnya pada bagian sales intern dan follow up order dalam pengelolaan order baru atau repeat order dengan lebih cepat dan akurat. Serta penyampaian perubahan harga dan penawaran produk – produk akan tersampaikan dengan cepat sehingga akan berakibat pada keuntungan perusahaan dan akan terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan.
Description
Keywords
Loyalitas pelanggan, Customer Relationship Management, API.
Citation