PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP FRAUDULENCE DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LABA (Survei Pada Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji variable Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage dan Manajemen Laba pada sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksplanatory adalah studi yang ditujukan untuk menggambarkan hubungan, pengaruhnya antara variabel prediksi atau prediktor terhadap variabel yang di prediksi. Populasi penelitian sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 berjumlah 86 perusahaan sektor keuangan, sampel yang diuji sebanyak 12 perusahaan sektor keuangan diambil dengan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yaitu perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017, perusahaan sektor keuangan yang yang melakukan IPO (Initial Public Offering) periode 2014, dan perusahaan sektor keuangan yang terdapat variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan leverage berdasarkan data IDX. Alat analisis yang digunakan regresi data panel, dan pengujian hipotesis partial menggunakan uji t-statistik, data diproses dengan Software E-views 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan Leverage signifikan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba.
Description
Keywords
Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Manajemen Laba, Earnings Management, Institutional Ownership, Managerial Ownership
Citation