PENGARUH TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN ASURANSI TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang terdiri dari premium growth ratio (rasio pertumbuhan premi), incurred loss ratio (rasio beban klaim), dan risk based capital terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 16 perusahaan asuransi yang terdaptar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015 sampai dengan 2018 dengan total 64 pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan dilakukan dengan explanatory research pada perusahaan asuransi yang terdaptar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan asuransi periode 2015-2018 sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisa regresi data panel hipotesis diuji dengan t test dan F test dengan tingkat signifikansi sebesar 5% dengan menggunakan program Eviews 9. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa premium growth ratio (rasio pertumbuhan premi) berpengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi, incurred loss ratio (rasio beban klaim) tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi, dan risk based capital berpengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi. Sedangkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa tingkat kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang terdiri dari premium growth ratio (rasio pertumbuhan premi), incurred loss ratio (rasio beban klaim), dan risk based capital berpengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan asuransi di bursa efek indonesia.
Description
Keywords
Incurred loss ratio (rasio beban klaim), Pertumbuhan laba, Premium Growth Ratio (rasio pertumbuhan premi), dan Risk based capital., Earning growth, Incurred loss ratio, Premium growth ratio, and Risk based capital.
Citation