PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO (Studi pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2020
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik perusahaan dan good corporate governance berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan likuiditas) dan good corporate governance (komite audit, dewan komisaris, dan kepemilikan publik) sebagai variabel independen, sedangkan pengungkapan manajemen risiko sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 yang berjumlah 20 perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa karateristik perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Sementara hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa karateristik perusahaan yang diukur dengan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Sementara good corporate governance yang terdiri dari komite audit, dewan komisaris, dan kepemilikan publik berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Selain itu besarnya pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, likuiditas, komite audit, dewan komisaris, dan kepemilikan publik dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko sebesar 91,8%.
Description
Keywords
Dewan Komisaris, Kepemilikan Publik, Komite Audit, Leverage, Likuiditas, Pengungkapan Manajemen Risiko, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan., Audit Committee, Board of Commissioners, Company Size, Leverage, Liquidity, Profitability, Public Ownership, Risk Management Disclosure.
Citation