PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KARAKTER EKSEKUTIF TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif terhadap tax avoidance. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif, sedangkan variabel dependen yaitu tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2018 sebanyak 41 perusahaan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 13 perusahaan dengan metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji model data panel, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis uji statistik t dan uji statistik F, pada taraf signifikan sebesar 5%. Program software yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan ukuran perusahaan dan karakter eksekutif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tax avoidance. Hasil penelitian secara simultan variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif berpengaruh secara signifikan terhadap tax avoidance. Selain itu, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan karakter eksekutif memberikan pengaruh kontribusi sebesar 19.54% terhadap tax avoidance.
Description
Keywords
Karakter Eksekutif, Profitabilitas, Tax Avoidance, dan Ukuran Perusahaan, Executive Character, Firm Size, Profitability, and Tax Avoidance
Citation