PENGARUH EFEKTIVITAS ANGGARAN BISNIS TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi Kasus Pada Usaha Waralaba Indomaret di PT. Indomarco Prismatama Cabang Purwakarta)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang pengaruh anggaran bisnis terhadap pengendalian biaya operasional yang dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara anggaran bisnis dengan realisasi biaya operasional. Dalam hal biaya, jika realisasi lebih besar dari pada anggaran dianggap tidak menguntungkan (unfavorable) sebaliknya jika realisasi lebih rendah dari anggaran maka dianggap menguntungkan (favorable). Oleh karena itu proses operasional perlu dikendalikan agar efisien dan efektif, semua itu perlu didukung dengan usaha manajemen perusahaan dalam melakukan perencanaan, pengelolaan dan pengendalian yang memadai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan metode penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, regresi linear sederhana, dengan beberapa pengujian diantaranya statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis korelasi sederhana, uji koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis (Uji T). Hasil pengujian menunjukkan bahwa anggaran bisnis berpengaruh signifikan terhadap pengendalian biaya operasional pada usaha waralaba di PT Indomarco Prismatama Cabang Purwakarta
Description
Keywords
Anggaran Bisnis, Pengendalian Biaya Operasional, PT. Indomarco Prismatama., Business Budget, Operational Cost Control, PT. Indomarco Prismatama.
Citation