PENGARUH PENGELOLAAN PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DAN PAJAK PARKIR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset, Dinas Pendapatan dan Dinas Perhubungan Kota Bandung)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan penerimaan retribusi parkir, pajak parkir dan pendapatan asli daerah, serta bagaimana pengaruh pengelolaan penerimaan retribusi parkir pajak parkir terhadap pendapatan asli daerah di Kota Bandung periode 2013 – 2017. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengelolaan penerimaan retribusi parkir dan pajak parkir sebagai variabel independen. Sedangkan pendapatan asli daerah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan realisasi anggaran dan laporan realisasi penjabaran anggaran dan belanja Pemerintah Kota Bandung. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah laporan realisasi anggaran dan laporan realisasi penjabaran anggaran dan belanja Pemerintah Kota Bandung periode 2013-2017. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan penerimaan retribusi parkir pajak parkir dan pendapatan asli daerah di Pemerintah Kota Bandung periode 2013-2017 masih berfluktuatif terutama retribusi parkir. Hal tersebut menggambarkan bahwa kinerja Pemerintah Kota Bandung dalam mengelola retribusi parkir pajak parkir dan pendapatan asli daerah belum berjalan dengan maksimal terlihat dari adanya kenaikan dan penurunan nilai penerimaan retribusi parkir, pajak parkir dan pendapatan asli daerah setiap tahunnya. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa pengelolaan penerimaan retribusi parkir dan pajak parkir berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap pendapatan asli daerah. Sedangkan besarnya penerimaan retribusi parkir dan pajak parkir dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap pendapatan asli daerah yaitu sebesar 69,6%.
Description
Keywords
Pajak Parkir, Pendapatan Asli Daerah, Penerimaan, Pengelolaan, Retribusi Parkir., Management, Parking Retribution, Parking Tax, Receipts, Regional Original Retirement
Citation