PENGARUH PRICE EARNINGS RATIO (PER), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Price Earnings Ratio (PER), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Equity (ROE) secara parsial dan simultan terhadap Return Saham. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi menunjukkan return saham yang berfluktuasi selama periode 2013-2017. Return saham adalah keuntungan berupa tingkat pengembalian atas suatu sekuritas yang dimiliki oleh investor. PER adalah rasio untuk mengukur seberapa besar perbandingan antara harga saham perusahaan dengan keuntungan yang akan diperoleh oleh para pemegang saham, lalu DER merupakan rasio yang mengukur hutang yang di miliki perusahaan dengan ekuitas pemegang saham dan ROE adalah rasio untuk mengkaji sejauh mana suatu perusahaan menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mampu memberikan laba atas ekuitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 yaitu sebanyak 51 perusahaan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive judgement sampling. Didapat 27 sampel perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI yang telah memenuhi kriteria tertentu yang telah disesuaikan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan selama periode 2013-2017 yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia dan IDN Financials. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Price Earnings Ratio (PER) berpengaruh terhadap return saham. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER), dan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap return saham. Secara simultan Price Earnings Ratio (PER), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap return saham.
Description
Keywords
Debt To Equity Ratio, Price Earnings Ratio, Return On Equity, dan Return Saham., Debt To Equity Ratio, Price Earnings Ratio, Return On Equity and Stock Return.
Citation