PERENCANAAN BISNIS FASHION MUSLIMAH BY SUNRISE

No Thumbnail Available
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) industri fashion memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap penerimaan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 3,76 persen dengan nilai ekspor pada tahun 2017 mencapai USD 13,29 milyar, telah meningkat 8,7 persen dari tahun sebelumnya.Hal ini membuktikan bahwa industri fashion muslimah sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Pada saat ini dunia fashion sudah menjadi gaya hidup baru yang terus meangalami kemajuan sehingga menghasilkan berbagai trendmode. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi Sunrise berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan model Timmons. Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value, Payback Period, Internal Rate of Return, dan Net Profit Margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran, sumber daya manusia, operasional dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Operasional variabel yang digunakan adalah metode kriteria kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan kriteria model Timmons, variabel pasar menunjukkan potensi yang tinggi dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus berkembang. Variabel keunggulan kompetitif, kreasi nilai dan isu-isu menunjukkan bahwa perencanaan fashion muslimah dari Sunrise layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan keuntungan dalam potensi yang tinggi.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Timmons Model, Business Palanning, Innovation, Timmons Model
Citation
Collections