PERENCANAAN BISNIS FASHION MUSLIMAH BY SUNRISE
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) industri fashion
memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap penerimaan Produk Domestik
Bruto (PDB) nasional sebesar 3,76 persen dengan nilai ekspor pada tahun 2017
mencapai USD 13,29 milyar, telah meningkat 8,7 persen dari tahun
sebelumnya.Hal ini membuktikan bahwa industri fashion muslimah sangat
diminati oleh masyarakat Indonesia. Pada saat ini dunia fashion sudah menjadi
gaya hidup baru yang terus meangalami kemajuan sehingga menghasilkan
berbagai trendmode. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha
inovasi Sunrise berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan model Timmons.
Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value,
Payback Period, Internal Rate of Return, dan Net Profit Margin. Penelitian ini
juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran,
sumber daya manusia, operasional dan keuangan. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data observasi. Operasional variabel yang digunakan adalah metode
kriteria kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
berdasarkan kriteria model Timmons, variabel pasar menunjukkan potensi yang
tinggi dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus berkembang. Variabel
keunggulan kompetitif, kreasi nilai dan isu-isu menunjukkan bahwa perencanaan
fashion muslimah dari Sunrise layak untuk dilaksanakan karena dapat
memberikan keuntungan dalam potensi yang tinggi.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Timmons Model, Business Palanning, Innovation, Timmons Model