PENGARUH BAURAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Mini Market Alfamart Cipetir Haurwangi)
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
bauran produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap
loyalitas pelanggan pada gerai Alfamart Cipetir Haurwangi yang berlokasi di
Kabupaten Cianjur. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja gerai
Alfamart Cipetir agar dapat lebih bersaing lagi terhadap kompetitor yang berada
tidak jauh dari lokasi gerai. Dengan meningkatnya daya saing diharapkan dapat
meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Metode penelitian dengan cara
eksplanatori ini, menggunakan kuesioner skala empat poin untuk mengumpulkan
data tentang dimensi bauran produk, harga, kepuasan pelanggan dan loyalitas
pelanggan. Dengan perhitungan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan
sampel dari 100 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif bauran produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta
loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Hal itu
menjelaskan bahwa bauran produk, harga serta kepuasan pelanggan berhubungan
erat dengan terciptanya loyalitas pelanggan. Kontribusi bauran produk terhadap
kepuasan pelanggan sebesar 20,70%, harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar
21,25%. Kontribusi bauran produk terhadap loyalitas sebesar 30,25%, harga
terhadap loyalitas sebesar 18,84%. Kontribusi bauran produk dan harga secara
bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan sebesar 74,3%.
Description
Keywords
Bauran produk, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, product mix, price, customer satisfaction, customer loyalty