PENGARUH BAURAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Mini Market Alfamart Cipetir Haurwangi)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan pada gerai Alfamart Cipetir Haurwangi yang berlokasi di Kabupaten Cianjur. Hal ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja gerai Alfamart Cipetir agar dapat lebih bersaing lagi terhadap kompetitor yang berada tidak jauh dari lokasi gerai. Dengan meningkatnya daya saing diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan. Metode penelitian dengan cara eksplanatori ini, menggunakan kuesioner skala empat poin untuk mengumpulkan data tentang dimensi bauran produk, harga, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Dengan perhitungan menggunakan analisis jalur (path analysis) dan sampel dari 100 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif bauran produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Hal itu menjelaskan bahwa bauran produk, harga serta kepuasan pelanggan berhubungan erat dengan terciptanya loyalitas pelanggan. Kontribusi bauran produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 20,70%, harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 21,25%. Kontribusi bauran produk terhadap loyalitas sebesar 30,25%, harga terhadap loyalitas sebesar 18,84%. Kontribusi bauran produk dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan sebesar 74,3%.
Description
Keywords
Bauran produk, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, product mix, price, customer satisfaction, customer loyalty
Citation
Collections