ANALISIS PERCEIVED QUALITY AIR MINUM MEREK AQUA (AIR MINERAL), AMIDIS (AIR DEMINERAL), DAN KANGEN WATER (AIR MINERAL ALKALI) BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Studi Kasus di Komunitas Amazing Truehealth (KAT) Indonesia)
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Perceived Quality air
minum merek Aqua (air mineral), Amidis (air demineral), dan Kangen Water (air
mineral alkali) berdasarkan persepsi konsumen. Data penelitian diperoleh dari data
primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang telah
mengenal air minum merek Aqua, Amidis dan Kangen Water melalui salah satu atau
lebih indra, dari lima indera yang dimiliki, dengan cara menerima stimuli berupa
informasi ketiga merek air minum tersebut. Atribut pertanyaan pada kuesioner sebanyak
20 atribut yang sama untuk masing-masing merek. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa Perceived Quality air minum Kangen Water lebih tinggi 19% dari
Aqua dan 26% dari Amidis. Hal ini dikarenakan Kangen Water cenderung memperoleh
persepsi baik pada hampir semua performansi atributnya. Satu-satunya atribut Kangen
Water yang bernilai negatif adalah: air minum yang mudah didapatkan. Perceived
Quality air minum Aqua lebih tinggi 7% dari Amidis. Aqua memiliki atribut dengan
performa positif pada air minum yang tidak berbau, tidak berasa, dan mudah
didapatkan. Semua atribut Amidis memiliki performa negatif.
Description
Keywords
Drinking Water, Perceived Quality, customer perception, Air minum, Perceived Quality, persepsi konsumen