PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, PERPUTARAN ASET TETAP TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON ASSETS) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dan pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Aset Tetap terhadap Profitabilitas (ROA) pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2015 secara parsial karena terdapat beberapa perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI mengalami kerugian dan penurunan profitabilitas (ROA) selama beberapa tahun berturut-turut pada periode 2012-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling, sedangkan teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan tipe investigasi deskriptif verifikatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan program Software Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata perputaran kas, perputaran piutang, perputaran aset tetap, dan ROA perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2015 menunjukkan perubahan yang berbeda-beda, sedangkan secara parsial variabel perputaran kas dan perputaran aset tetap berpengaruh signifikan ke arah positif terhadap profitabilitas (ROA). Variabel perputaran piutang tidak bisa dilakukan pengujian karena nilai probabilitasnya melebihi dari yang ditetapkan.
Description
Keywords
Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Aset Tetap, Profitabilitas, Return on Assets (ROA), Cash Turnover, Receivable Turnover, Fixed Assets Turnover, Profitability
Citation