ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JASA PELAYANAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (Studi Kasus : Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama)

No Thumbnail Available
Date
2018
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Universitas Widyatama mempunyai 5 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Fakultas Desain Komunikasi Visual dari 5 fakultas terdiri atas 15 Program Studi baik dalam jenjang D3, S1 dan S2. Fakultas Teknik Industri Universitas Widyatama menjadi studi kasus dari penelitian ini. Pada Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama dari hasil penelitian yang dilakukan bagian PMW menyatakan bahwa variabel Academic Advising mendapakan kriteria terendah. Kepuasan mahasiswa terhadap konsultasi akademik menjadi dimensi yang paling rendah. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh pelayanan berdasarkan 5 variabel Service Quality (Reliability, Assurance, Tagibles, Empathy, Responsivenes) terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Widyatama. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh pengaruh pelayanan di Widyatama Prodi Teknik Industri sebesar 0,172 atau 17% dimana sebesar 83% masih ditentukan oleh variabel diluar metode ini atau masih banyak faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dan bisa di intrepetasikan bahwa pengaruh pelayanan terhadap kepuasan dalam range yang lemah. Lemah nya pengaruh ini disebabkan oleh kurangpuasnya mahasiwa prodi teknik industri terhadap pelayanan di universitas widyatama.
Description
Keywords
Pelayanan, Kepuasan, Servqual, Service, Satisfaction, Servqual
Citation