PENGARUH KESADARAN MEMBAYAR PAJAK, PENGETAHUAN TENTANG PERATURAN PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PELAKU UMKM (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Bandung Cibeunying)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesadaran membayar pajak, pengetahuan tentang peraturan perpajakan dan kualitas pelayanan fiskus mempengaruhi kemauan membayar pajak wajib pajak orang pribadi pelaku UMKM baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey explanatory, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas yang tergolong sebagai wajib pajak efektif. Analisis data penelitian menggunakan analisis linier berganda dengan program SPSS 22. Koefisien determinasi menunjukkan 46,8%., yang artinya 46,8%. kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh kesadaran membayar pajak, pengetahuan tentang peraturan perpajakan, dan pelayanan fiskus. Sedangkan sisanya 53,2% kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Uji hipotesis menunjukkan bahwa ketiga variabel x berpengaruh signifikan atas kemauan membayar pajak baik secara simultan maupun secara parsial.
Description
Keywords
Kemauan Membayar Pajak, Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan tentang Peraturan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Willingness to pay taxes, pay taxes awareness, knowledge of taxation laws, the service of fiscus
Citation