APLIKASI PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUKSI DENGAN METODE EOQ, SAFETY STOCK DAN ROP (STUDI KASUS : PERUSAHAAN SUPPLIER BAWANG GORENG UD. SINAR TANI)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Bagi perusahaan manufaktur, persediaan mempunyai peranan penting karena persediaan merupakan sumber utama pendapatan dan merealisasikan laba perusahaan. Proses pengelolaan persediaan bahan baku sangat krusial, perlu adanya perhitungan yang akurat, efektif dan efisien. Jika persediaan tidak dikelola dengan baik, hal ini akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Persediaan dapat dikendalikan salah satunya dengan metode Economic Order Quantity (EOQ). Aplikasi berbasis web ini dibuat dengan fungsionalitas menghitung EOQ untuk mengendalikan jumlah bahan baku dari proses persediaan dengan metode EOQ dengan mempertimbangkan Safety Stock dan Reorder Point, serta menyajikan laporan akuntansi dalam bentuk jurnal, buku besar, laporan pembelian dan laporan data produksi. Pembangunan perangkat lunak menggunakan model berorientasi objek yang terdiri dari use case diagram, class diagram, sequence diagram, dan activity diagram. Implementasi aplikasi ini dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi pengelolaan persediaan bahan baku dengan menggunakan metode eoq, safety stock, serta reorder point ini dapat menghasilkan perhitungan jumlah pesanan ekonomis dengan biaya seminimal mungkin.
Description
Keywords
Manajemen, Persediaan Bahan Baku, Jumlah Pesanan Ekonomis, Aplikasi berbasis web, Management, Raw Material Inventory, Economic Order Quantity(EOQ), Web-based applications
Citation