PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT SISWA/I SMA SE-BANDUNG TIMUR UNTUK MENGGUNAKAN JASA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA (Studi Kasus Primagama Surapati Core)

No Thumbnail Available
Date
2017
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image dan word of mouth terhadap niat siswa/I SMA se-Bandung Timur untuk menggunakan jasa bimbingan belajar Primagama. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah brand image dan word of mouth sebagai variabel independen. Sedangkan niat beli sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I SMA di wilayah Bandung Timur yang belum dan berniat mengikuti program bimbingan belajar. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling menggunakan teknik purpossive sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 orang. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi pada taraf signifikansi 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Pada penelitian ini dinyatakan bahwa kuesioner valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image memberikan kontribusi pengaruh terhadap niat beli sebesar 13,03% sedangkan 86,97% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth memberikan kontribusi pengaruh terhadap niat beli sebesar 37,58% sedangkan 62,42% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Description
Keywords
Brand Image, Word of Mouth, Niat Beli, Buying Intention
Citation