PENGARUH ATRIBUT PRODUK MOBIL DAIHATSU AYLA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. TUNAS MOBILINDO PERKASA
No Thumbnail Available
Date
2016
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Peningkatan atribut produk dapat menjadi pilihan utama disegmennya. Apabila peningkatan
atribut produk memiliki nilai tambah yang baik bagi konsumen. Semakin baik atribut produk
maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Atribut-atribut produk,
antara lain merek, kemasan, kualitas/mutu, dan jaminan. Harga juga merupakan salah satu atribut
produk yang penting bagi konsumen dalam mengambil suatu minat beli bagi konsumen.
Penelitian ini berjudul Pengaruh atribut produk mobil Daihatsu Ayla terhadap minat beli
konsumen, yang bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana atribut produk mobil Daihatsu
Ayla, tanggapan konsumen terhadap atribut produk mobil Daihatsu Ayla dan untuk mengetahui
sejauh mana pengaruh atribut mobil Daihatsu Ayla terhadap minat beli konsumen. Metode
penelitian yang dipakain adalah metode deskriptif yang merupakan suatu metode dalam meneliti
status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu
kelas peristiwa pada masa sekarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan atribut produk mobil Daihatsu Ayla yang di
tawarkan oleh Daihatsu meliputi, warna, desain, merk, kecepatan maksimum dan akselerasi.
Tanggapan responden mengenai atribut produk Daihatsu Ayla adalah sebesar 75,20.Tanggapan
Responden mengenai minat beli adalah sebesar 79,20 artinya minat beli Daihatsu Ayla di PT.
Tunas Mobilindo Perkasa adalah tinggi, dengan rata-rata terendah sebesar 77,60% yaitu
pernyataan tertarik dengan harga yang ditawarkan Daihatsu Ayla. sedangkan rata-rata teringgi
sebesar 80,80% pada pernyataan mengenal keinginan anda untuk merasakan Daihatsu Ayla
Pengaruh atribut produk mobil Daihatsu Ayla terhadap minat beli konsumen sebesar 45.1%,
sedangkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman sebesar 0,672 yang termasuk kategori kuat.
Hasil uji hipotesis t hitung = 6,283 lebih besar dari ttabel = 1,6772 Ini berarti Ho ditolak dan Ha
diterima, maka atribut produk Daihatsu Ayla memiliki pengaruh yang positif terhadap minat beli
konsumen pada PT. Tunas Mobilindo Perkasa.
Description
Keywords
Product Attributes, Consumer Buying Interest, Atribut Produk, Minat Beli Konsumen