ANALISIS PENDISTRIBUSIAN PRODUK ASAM FORMIAT PT. SINTAS KURAMA PERDANA (CIKAMPEK)

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Laporan Tugas Akhir ini merupakan hasil dari penelitian dan pengamatan mengenai pelaksanaan pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sintas Kurama Perdana (Cikampek), terutama mengenai saluran distribusi dalam mendistribusikan produknya yaitu asam formiat. Maka dari itu, penulis mengambil judul : “Analisis Pendistribusian Produk Asam Formiat pada PT. Sintas Kurama Perdana (Cikampek)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan saluran distibusi yang dilakukan oleh PT. Sintas Kurama Perdana (Cikampek). PT. Sintas Kurama Perdana adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri asam formiat yang memproduksi Asam Formiat (Asam Semut) sebagai bahan baku industri tekstil, industri karet, dan industri kulit. Bagi setiap perusahaan, saluran distribusi merupakan sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen dan sebagai salah satu faktor yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan. Dalam pelaksanaan saluran distribusi yang dilakukan PT. Sintas Kurama Perdana (Cikampek), beberapa tahapan yang dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan menyalurkan asam formiat tersebut kepada pembeli-pembeli resmi yang ditunjuk oleh distributor hingga ke tangan konsumen industri. Tujuan dari perusahaan melakukan saluran distribusi ini adalah agar dapat menghasilkan produk dengan mutu, harga, pelayanan dan keandalan yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan, dan menjadi perusahaan asam formiat yang andal di pasar global dengan mengutamakan kepuasan pelanggan serta mampu membangun kekuatan finansial dengan mengutamakan kualitas produk dan hubungan dengan para konsumen. Agar tujuan dari saluran distribusi dapat tercapai dengan maksimal, maka saluran distribusi tersebut yang salah satuya adalah dengan pelaksanaan saluran distribusi yang efektif diharapkan volume penjualan dapat meningkat. dengan demikian, keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat tercapai. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis mengambil kesimpulan bahwa saluran distribusi yang dilakukan oleh PT. Sintas Kurama Perdana (Cikampek) adalah kurang maksimalnya dalam penyaluran pendistribusian asam formiat dikarenakan mengandalkan pihak distributor yang sudah ada, perlunya meningkatkan dan menambah target pasar, sebaiknya perusahaan menambah cabang baru dan dari segi angkutan (ekspeditur) dalam menyalurkan asam formiat dilakukan kembali pengecekan kesiapan kondisi armada yang akan digunakan sehingga penyaluran asam formiat dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.
Description
Keywords
Saluran Distribusi, Asam Formiat, Distribution Channels, Formic Acid
Citation