WIDYATAMA NATIONAL SEMINAR

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 153
  • Item
    KOTOWAZA DALAM KAJIAN LINGUISTIK KOGNITIF: PENERAPAN GAYA BAHASA METAFORA
    (Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, Universitas Widyatama, Bandung, 2015-03-19) Yohani, Adisthi Martha
    Menghadapi pasar bebas ASEAN 2015, persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin ketat., Dengan adanya Jepang sebagai pemodal asing, Indonesia diharapakan memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang bahasa dan budaya agar kerjasama dapat berjalan lancar. Salah satu wujud budaya yang berbentuk bahasa adalah kotowaza (peribahasa). Kotowaza digunakan orang Jepang karena mereka merupakan masyarakat yang kerap menggunakan perumpamaan dalam bertutur dan menghindari pernyata11n lugas. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis kotowaza 1J1enggunakan majas metafora melalui kajian linguistik kognitif. Penelitian ini dilatarbelakangi sukarnya memahami hubungan antarmakna dalam kotowaza pada pembelajar asing karena perbedaan budaya dan kurangnya kamus yang menunjang proses pemahaman kotowaza secara mendalam dan perlunya pemahaman perihal kotowaza dalam berkomunikasi terutama di dunia bisnis untuk menghindari kesalahpahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam perihal kotowaza, mengetahui hubungan antarmakna peribahasa tersebut menggunakan majas metafora berdasarkan kajian linguistik kognitif. Metode yang digunakani adalah metode kualitatif dengan pendekatan linguistik kognitif. Di akhir penelitian, disimpulkan bahwa kotowaza sebagai wujud budaya Jepang yang mengungkapkan maksud yang tersirat merupakan ha! yang penting untuk dipahami untuk meminimalisir friksi dalam berkomunikasi. Metafora sendiri dapat digunakan dalam menganalisis hubungan antarmakna sebuah kotowaza ketika makna leksikal kotowaza tersebut merupakan perumpamaan dari makna kiasan kotowaza itu sendiri.
  • Item
    PERANCANGAN BUKU CERITA RAKYAT ANAK NYAI ANTEH SANG PENUNGGU BULAN
    (Seminar Nasional Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community 2015, Universitas Widyatama, Bandung, 2015-03-19) Supandi, Fajar Persada; Anandita, Winna
    Buku cerita anak kini banyak berkembang di masyarakat, salah satunya adalah buku cerita rakyat anak. Cerita rakyat mempunyai peran penting sebagai sarana komunikasi antar generasi dan pengembangan pengetahuan di masyarakat, dengan adanya cerita rakyat masyarakat dapat mengetahui tradisi dan adat istiadat di masa lampau yang dapat memperkaya pengetahuan akan kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif didukung oleh studi pustaka mengenai teori gaya gambar vektor. Teknik yang dilakukan adalah observasi data dan fakta lapangan yang berkaitan dengan buku cerita rakyat anak. Hasil dari penelitian berupa buku cerita untuk anak berjudul Nyai Anteh Sang Penunggu Bulan yang berasal dari Jawa Barat dengan gaya gambar sederhana yang dianggap mampu menarik minat membaca pada anak.
  • Item
    PENGAJARAN NIHONGO KYOUIKU PUROGURAMU UNEI SEBAGAI MATA KULIAH UNTUK PERSIAPAN MENJADI ENTERPRENEUR DI BIDANG PENDIDIKAN
    (Seminar Nasional ASPBJI Korwil Jabar, Japan Foundation; Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Bahasa Universitas Widyatama, 2015-04-18) Amalia, Aan
    Berdasarkan survei Japan Foundation perkembangan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal tersebut berdampak pada semakin ketatnya persaingan di dunia kerja, tidak sedikit para sarjana lulusan bahasa Jepang yang belum mendapatkan pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta mencantumkan mata kuliah Nihongo Kyouiku Puroguramu unei ke dalam kurikulumnya. Nihongo Kyouiku Puroguramu Unei adalah mata kuliah yang mengajarkan mengenai manajemen pendidikan bahasa Jepang. Perkuliahan dilaksanakan melalui tatap muka di kelas, yakni berisi pembahasan materi manajemen pendidikan bahasa Jepang. Selain itu observasi lapangan berupa kunjungan ke sekolah-sekolah penyelenggara pengajaran bahasa Jepang atau kunjungan ke lembaga penyelenggara pengajaran bahasa Jepang lainnya. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengamati kesesuaian pengetahuan teoritis yang telah mereka dapatkan di perkuliahan dengan keadaan di lapangaan. Hasil observasi dapat menjadi maasukan untuk mahasiswa saat mencoba merancang penyelenggaraan pengajaran bahasa Jepang sebagai salah satu tugas mata kuliah Unei ini. Penyelenggaraan mata kuliah ini bertujuan pula agar mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikannya memiliki keterampilan membuka peluang usaha yang bergerak dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan bahasa Jepang.
  • Item
    DETERMINAN NIAT FRESHGRADUATE DIPLOMA III AKUNTANSI MEMILIH MENJADI PEGAWAI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK: STUDI PADA LULUSAN AKADEMI AKUNTANSI YKPN YOGYAKARTA
    (Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, 2017-07-20) Darmawan, Yanto; Setyapurnama, Yudi Santara
    The purpose of this research was to investigate the determinants of the intention of freshgraduate diploma III accounting graduates of Akademi Akuntansi YKPN to choose a career to be employees of the Directorate General of Taxation. The three constructs in Theory of Planed Behavior are Attitudes toward Behavior, Subjective Norms and Perceived Behavior Control plus financial award constructs used as a framework of research models. Data were obtained through questionnaires from 180 freshgraduate diploma III accounting graduates of Akademi Akuntansi YKPN which has a cumulative academic achievement index of more than 2.75 and age less than 23 years. Data were analyzed by Structural Equation Modeling - Partial Least Square (PLS) using Smart PLS 2.0 software. The results of this research indicate that the three constructs of Attitude, Subjective Norms and Perceived Behavior Control positively influence the intention of freshgraduate diploma III accounting graduates of Akademi Akuntansi YKPN to choose a career to be employees of the Directorate General of Taxation.
  • Item
    ANALYZING COMPETITIVE STRATEGIES AS BUSINESS PRACTICE
    (Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB), Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, 2017-07-20) Utami, Widyastuti Nurmalia
    The aim of this literature research is to analyze the concept (definition) of competitive strategy in chronological order from 1993 to 2014. The concept used in this literature research is strategic management literature. The method used in this literature research is content analysis which contains the concept of competitive strategy. Original contribution of this literature research is the first to analyze the chronology of competitive strategy concept (definition). This literature research resulted in several propositions related to the concept of competitive strategy. The conclusion of this research is the competitive strategy has various meaning and significance, but has similar aim on its application which is to achieve excellence or competitive position. The disadvantages of this research is the limited number of concept (definition) competitive strategies are analyzed, due to limited resources or reference materials used.