PERANCANGAN BRANDING TAMAN BUDAYA JAWA BARAT

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Branding adalah serangkaian langkah kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Tanpa dilakukannya kegiatan komunikasi kepada konsumen yang disusun dan direncanakan dengan baik, maka sebuah merek tidak akan dikenal oleh target konsumennya. Taman Budaya Jawa Barat sebagai pusat seni dan budaya Jawa Barat kurang memiliki media informasi dan promosi kegiatan yang sangat mendukung proses penggenerasian dan pelestarian kebudayaan yang saat ini mulai terlupakan oleh masyarakat dengan kategori dewasa muda di Kota Bandung. Perancangan konsep visual Branding Taman Budaya Jawa Barat agar dikenal masyarakat Kota Bandung sebagai pusat seni dan budaya Jawa Barat, dengan menampilkan ikon seni dan budaya sekaligus ikon Taman Budaya Jawa Barat. Implementasi konsep menjadi desain sebagai pemecahan permasalahan, tahapannya meliputi menentukan strategi komunikasi, menentukan konsep bentuk, konsep tipografi dan konsep warna, sehingga menghasilkan filosofi logo yang dapat mewakili Taman Budaya Jawa Barat secara utuh. Pemilihan material, penentuan ukuran media, penjabaran teknik, dan pembahasan biaya produksi, menjadi bagian cakupan teknis pekerjaan yang dilalui dalam pembuatan desain. Hasil akhir terpenting adalah terwujudnya visualisasi karya desain branding yang diaplikasikan pada media promosi kegiatan Taman Budaya Jawa Barat.
Description
Keywords
Branding
Citation