PERANCANGAN BRANDING WISATA PAKU HAJI

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Pembentukan kembali merek tempat wisata untuk mengukuhkan eksistensi menjadi begitu penting di jaman yang semakin kompetitif ini. Hal ini bertujuan agar adanya kegiatan komunikasi kepada konsumen dan memfokuskan kiprah profesional secara tepat. Tempat Wisata yang ditengahkan pada proyek akhir perancangan visual merek ini adalah Wisata Paku Haji, sebuah Wisata keluarga yang berada di Jawa Barat. Perancangan merek Wisata Paku Haji ini agar lebih dikenal oleh masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Implementasi konsep menjadi desain sebagai pemecahan permasalahan, digagas menggunakan pendekatan dibidang desain komunikasi. Tahapannya meliputi merancang identitas visual merek, menentukan jenis huruf, menentukan warna, sebagai pendukung pesan verbal, tata letak atau biasa di sebut (layout), konsep dan strategi komunikasi, menaplikasikan pada beberapa media yang diperlukan, gaya dan teknis pengerjaan, dan yang terakhir merinci aspek produksi (budgeting). Pemilihan material, penentuan ukuran media aplikasi merek Wisata Paku Haji, penjabaran teknik, dan pembahasan biaya produksi (budgeting), menjadi bagian cakupan teknis pekerjaan yang dilalui dalam pembuatan desain. Hasil akhir terpenting adalah terwujudnya visualisasi karya desain merek Wisata Paku Haji secara nyata dan bentuk-bentuk media berbasis komunikasi visual.
Description
Keywords
Branding
Citation