PENGARUH INTERNET TERHADAP MINAT BACA MAHASISWA DI UNIVERSITAS WIDYATAMA

No Thumbnail Available
Date
2015
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Minat baca adalah kecenderungan sikap yang ditunjukkan dengan melakukan aktivitas membaca dilakukan dengan perasaan senang dan dianggap penting dan berguna (Slameto, 1987). Variable yang diperkirakan dapat mempengaruhi minat baca adalah internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet terhadap minat baca mahasiswa di Universitas Widyatama. Penelitian ini mengungkapkan bahwa internet dapat meningkatkan minat baca mahasiswa maka semakin tinggi penggunaan internet maka semakin baik pula minat baca mahasiswa Universitas Widyatama pun tinggi. Kuesioner pada penelitian ini valid dan reliable, sehingga data layak untuk digunakan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 177 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara convenience sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket yang dilakukan di Univesitas Widyatama, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil dari regresi sederhana menyatakan bahwa internet berpengaruh positif terhadap minat baca sebesar 66,5 % dari variable minat baca, sedangkan 33,4 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil dari uji regresi berganda menyatakan bahwa dimensi internsitas penggunaan internet berpengaruh positif dengan signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,052, dimensi kejelasan informasi dalam internet berpengaruh positif dengan signifikansi sebesar 0,003, dimensi tujuan menggunakan internet berpengaruh positif terhadap minat baca dengan signifikansi 0,001, dimensi aplikasi berpengaruh positif dengan signifikansi 0,006, sedangkan dimensi pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat baca dengan signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,43.
Description
Keywords
Internet, Minat Baca
Citation