TINJAUAN PROMOSI MEMBER CARD YANG DILAKUKAN OLEH TOSERBA “X”
No Thumbnail Available
Date
2008
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Member card merupakan alat bantu yang digunakan oleh perusahaan untuk
menciptakan loyalitas pelanggan sehingga penjualan perusahaan dapat meningkat.
Member card perlu diperkenalkan kepada konsumen melalui bauran pemasaran agar
konsumen tertarik untuk memiliki member card. Salah satu perusahaan yang
mengunakan member card sebagai alat bantu untuk menciptakan loyalitas pelanggan
ialah Toserba “X”.
Penelitian ini dilakukan di kantor pusat Toserba “X yang berada di Jl.
Soekarno Hatta no 236 Bandung. Dalam tugas akhir ini, penulis menggunakan
metode deskriptif analisis dengan tehnik pengumpulan data melalui studi lapangan
dengan cara observasi langsung dan wawancara untuk memperoleh data primer dan
data sekunder serta melakukan studi kepustakaan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa pelaksanaan promosi
member card dilakukan melalui 4 cara yaitu: periklanan, promosi penjualan,
publisitas, dan penjualan perseorangan. Pertumbuhan terbesar selama tahun 2006 dan
2007 terjadi pada Bulan Septembar 2006 dan Bulan Oktober 2007 dengan masingmasing
pertumbuhan jumlah member card sebesar 10.072 buah dan sebesar 21.080
buah. Pertumbuhan ini terjadi karena Toserba “X” semakin giat melaksanakan
promosi member card untuk menunjang kegiatan–kegiatan promosi yang
diselenggarakan Toserba “X”.
Kesimpulan yang dapat diambil, Bahwa pelaksanaan promosi menunjang
peningkatan jumlah member card, adapun bentuk kegiatan promosi melalui publisitas
yang paling dominan dilakukan dengan cara memberitahukan kepada konsumen oleh
kasir dan CSO yang menanyakan langsung kepada konsumen serta mengumumkan
keuntungan memiliki Toserba “X” member card secara berkesinambungan.
Description
Keywords
Promosi Member Card