PROMOSI OKITAWA MELALUI T-SHIRT BERDESAIN “BANDUNG” DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN KE KOTA BANDUNG OKITAWA 宣伝 の 通じて “BANDUNG” と 言う デザイン で バンドン に 来る 観光業 を 増やす

No Thumbnail Available
Date
2010
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang kreatif dalam membuat cenderamata yang unik khas kota Bandung. Dapat pula dikatakan bahwa, Bandung merupakan kota belanja, sehingga banyak dipadati oleh wisatawan dari luar kota Bandung untuk belanja. Outlet yang terdapat di Bandung pun banyak sekali dan digemari oleh anak muda Bandung. Okitawa memproduksi sebuah T-shirt sebagai cenderamata bagi para wisatawan asing maupun domestik. Ketika berkunjung ke Bandung dan berkunjung ke outlet Okitawa, T-shirt yang diproduksi Okitawa sangat khas, berdesain tiga sudut kota yang terkenal di Bandung seperti; Gedung Sate, Gedung Merdeka, dan jembatan Pasupati. Dengan melihat latar belakang di atas, penulis mengangkat tema ”Promosi Okitawa melalui T-shirt berdesain “Bandung” dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke kota Bandung”. Dengan tujuan untuk mengetahui wisatawan dari mana saja yang menyukai produk T-shirt dengan desain “Bandung”, dan untuk mengetahui kualitas produksi yang diminati wisatawan. Penulis melaksanakan kuliah praktik kerja di Okitawa yang berlokasi di jalan Ir.Haji Juanda no. 85-87 dalam kurun waktu 100 jam. Penulis mengikuti ketentuan yang ditetapkan Universitas Widyatama, terhitung sejak tanggal 7 Desember 2009 sampai dengan 16 Desember 2009. Kegiatan yang dilakukan oleh penulis yaitu melakukan pendataan ulang barang produksi Okitawa yang terjual, melakukan transaksi penjualan barang, dan melakukan penutupan penjualan dengan menghitung jumlah benda, kemudian dicatat pada faktur pembelian. Dengan melihat hasil dari penjualan barang dan desainnya yang banyak disukai oleh konsumen, produk Okitawa dapat dipakai oleh semua umur. Wisatawan yang berkunjung ke Okitawa sangat beragam. Mulai Jepang, Malaysia, Singapura, Prancis, India, Belanda, Amerika, Kanada, dan Australia. Wisatawan domestiknya seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya. Mereka menyukai bahan yang bahan dasarnya memakai katun kombad, dan nyaman dipakai dengan desain gambar tiga sudut kota Bandung yang terkenal, dan dipadukan dengan gambar otomotif dengan tulisan “Bandung”.
Description
Keywords
Promosi Okitawa, Wisatawan
Citation