APLIKASI PENILAIAN SOFTSKILL MAHASISWA (Studi Kasus : Universitas Widyatama Bandung)

No Thumbnail Available
Date
2013-09-28
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Digital Information & Systems Conference 2013, Computer Engineering Dept. Faculty of Engineering UK Maranatha
Abstract
Saat ini perguruan tinggi sedang dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya mempunyai kemampuan hard skill tetapi juga kemampuan soft skill. Terdapat suatu realita bahwa pendidikan di Indonesia masih memberikan porsi yang lebih besar pada muatan hard skill daripada berorientasi pada pembelajaran soft skill. Namun kenyataan di lapangan berkata lain, para pengguna tenaga kerja menginginkan lulusan perguruan tinggi (PT) yang tangguh yang mampu bekerja secara tim dan mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan baik. Universitas Widyatama mencoba memasukkan komponen softskill ke dalam metode pembelajaran SBTLM (Softskill Based Teaching Learning Methodology). Berkaitan dengan hal di atas, diperlukan suatu media yang sesuai untuk mengukur sejauh mana nilai soft skill mahasiswa mengalami peningkatan dalam kurun waktu tertentu agar dapat diantisipasi dengan berbagai cara agar peningkatan soft skill mahasiswa lebih signifikan. Aplikasi dibuat menggunakan pendekatan berorientasi objek, menggunakan metodologi Waterfall, Visual Basic sebagai bahasa pemrograman dan Microsoft Access sebagai pengolahan databasenya. Aplikasi dirancang untuk 3 pengguna, yaitu penilai (dosen), mahasiswa dan admin.. Bagi admin, aplikasi ini dapat memudahkannya melakukan pemeliharaan informasi. Bagi penilai (dosen) aplikasi ini dapat memudahkan dalam mengolah dan mengukur sejauh mana nilai soft skill mahasiswa apakah mengalami peningkatan dalam kurun waktu tertentu sehingga dapat diantisipasi cara peningkatannya , semntara bagi mahasiswa aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang kemampuan softskill yang dimilikinya
Description
Keywords
Softskill, hardskill, SBTLM
Citation