TINJAUAN PENILAIAN KOMPETENSI KARYAWAN PADA HUMAN RESOURCES AREA 00 PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO) TBK, BANDUNG

Abstract
ABSTRAK TINJAUAN PENILAIAN KOMPETENSI KARYAWAN PADA HUMAN RESOURCES AREA 00 PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PERSERO) TBK. laporan tugas akhir ini ditulis oleh Dudi Nurrdiansyah dibawah bimbingan Bapak Tezza Adriansyah Anwar,SIP., M.M. Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Untuk meningkatkan produktivitas Sumber Daya Manusia menjadi lebih baik, manajemen perusahaan memberikan motivasi kepada karyawan agar bekerja secara optimal. Salah satu kebutuhan dan keinginan Sumber Daya Manusia adalah mendapatkan balas jasa dari perusahaan. Untuk menentukan balas jasa yang sesuai dengan kontribusi karyawan, perusahaan dapat melihat dari kinerja karyawan, dengan melakukan penilaian kinerja. Salah satu bentuk penilaian, yaitu penilaian kompetensi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian kompetensi karyawan pada Human Resources Area 00 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, hambatan apa yang dihadapi perusahaan dalam pelaksanaan penilaian kompetensi dan, bagaimana mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penilaian kompetensi. Dalam penyusunan laporan tugas akhir ini penulis menggunakan metode deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah langkah-langkah pelaksanaan penilaian kompetensi pada PT Telekomunikasi Indonesia khususnya bagian Human Resources Area 00. Pelaksanan penilaian kompetensi diawali dengan perencanaan yang terdiri dari core competency, specific competency terbagi menjadi personal quality dan skill knowladge dan key indicator dari masing-masing jabatan disertai rating nilainya. Akan tetapi ditemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaan penilaian kompetensi yaitu adanya karyawan yang tidak memiliki nilai dan adanya karyawan yang terlambat melakukan pelaksanaan penilaian kompetensi, akan tetapi perusahaan memiliki solusi untuk menangani hambatan yang timbul, yaitu memberikan nilai terendah dalam unit dan melakukan pembuatan tim kecil untuk mempercepat proses penilaian kompetensi. Kata kunci : Sumber Daya Manusia, Penilaian Kompetensi
Description
Keywords
Sumber Daya Manusia, Penilaian Kompetensi
Citation