PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MOBIL MEREK TOYOTA NEW AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG SOEKARNO HATTA BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2010
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini disusun oleh Adam Firdaus (02.02.275 ), dibawah bimbingan bapak Salim Munabi, S.E., M.M., dengan judul “Pengaruh Sales Promotion terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota New Avanza pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung” Auto 2000 adalah sebuah dealer mobil khusus Toyota yang merupakan jaringan pemasaran dan penjualan lokal di Indonesia. Auto 2000 memiliki beberapa macam merek Toyota yaitu Vios, Yaris, Corolla Altis, Camry, Avanza, Kijang Inova,, Rush, Fortuner, Hilux, Dyna, Alphard, dan Land Cruiser. Dalam hal ini penulis memfokuskan pada mobil Toyota New Avanza. Salah satu tujuan pokok suatu perusahaan adalah memperoleh keuntungan/laba melalui pencapaian volume penjualan yang tinggi. Asumsinya dengan adanya pangsa pasar yang besar maka akan mengakibatkan volume penjualan, sehingga perusahaan mampu mencapai tujuannya melalui peningkatan penjualan untuk memperoleh laba semaksimal mungkin, dan untuk meningkatkan volume penjualannya dituntut harus mampu memberikan pengorbanan lebih banyak dengan melakukan aktivitas-aktivitas promosi yang dirasa cukup efektif Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai pelaksanaan kegiatan sales promotion di Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung, faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung, dan besarnya pengaruh kegiatan sales promotion terhadap peningkatan volume penjualan mobil merek Toyota New Avanza pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan dua variabel, yaitu satu variabel independen yang ditunjukan oleh kegiatan sales promotion dan satu variabel dependen yang ditunjukan oleh volumen penjualan. Kegiatan sales promotion yang dilaksanakan oleh Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung antara lain: pameran, diskon, hadiah, demonstrasi, dan pemajangan di tempat pembelian. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung antara lain: kualitas barang, selera konsumen, servis terhadap pelanggan, dan persaingan menurunkan harga jual. Dari hasil pengolahan data, penulis dapat mengetahui korelasi antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan sebesar 0.666, berarti hubungan antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan kuat dan searah. Sedangkan besarnya pengaruh atau kontribusi kegiatan sales promotion terhadap volume penjualan pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung sebesar 44.40% dan sisanya sebesar 55.60% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil pengolahan juga diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 3.461 > 1.753, maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan positif antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan.
Description
Keywords
Sales Promotion
Citation