PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MOBIL MEREK TOYOTA NEW AVANZA PADA AUTO 2000 CABANG SOEKARNO HATTA BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2010
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini disusun oleh Adam Firdaus (02.02.275 ), dibawah bimbingan
bapak Salim Munabi, S.E., M.M., dengan judul “Pengaruh Sales Promotion
terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mobil Merek Toyota New Avanza
pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung”
Auto 2000 adalah sebuah dealer mobil khusus Toyota yang merupakan
jaringan pemasaran dan penjualan lokal di Indonesia. Auto 2000 memiliki
beberapa macam merek Toyota yaitu Vios, Yaris, Corolla Altis, Camry, Avanza,
Kijang Inova,, Rush, Fortuner, Hilux, Dyna, Alphard, dan Land Cruiser. Dalam
hal ini penulis memfokuskan pada mobil Toyota New Avanza. Salah satu tujuan
pokok suatu perusahaan adalah memperoleh keuntungan/laba melalui pencapaian
volume penjualan yang tinggi. Asumsinya dengan adanya pangsa pasar yang besar
maka akan mengakibatkan volume penjualan, sehingga perusahaan mampu
mencapai tujuannya melalui peningkatan penjualan untuk memperoleh laba
semaksimal mungkin, dan untuk meningkatkan volume penjualannya dituntut
harus mampu memberikan pengorbanan lebih banyak dengan melakukan
aktivitas-aktivitas promosi yang dirasa cukup efektif
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah wawancara dan
observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai
pelaksanaan kegiatan sales promotion di Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta
Bandung, faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada Auto 2000
Cabang Soekarno Hatta Bandung, dan besarnya pengaruh kegiatan sales
promotion terhadap peningkatan volume penjualan mobil merek Toyota New
Avanza pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung. Dalam penulisan
skripsi ini penulis menggunakan dua variabel, yaitu satu variabel independen yang
ditunjukan oleh kegiatan sales promotion dan satu variabel dependen yang
ditunjukan oleh volumen penjualan.
Kegiatan sales promotion yang dilaksanakan oleh Auto 2000 Cabang
Soekarno Hatta Bandung antara lain: pameran, diskon, hadiah, demonstrasi, dan
pemajangan di tempat pembelian. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
volume penjualan pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung antara lain:
kualitas barang, selera konsumen, servis terhadap pelanggan, dan persaingan
menurunkan harga jual. Dari hasil pengolahan data, penulis dapat mengetahui
korelasi antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan sebesar 0.666,
berarti hubungan antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan kuat
dan searah. Sedangkan besarnya pengaruh atau kontribusi kegiatan sales
promotion terhadap volume penjualan pada Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta
Bandung sebesar 44.40% dan sisanya sebesar 55.60% dipengaruhi oleh variabel
lain. Berdasarkan hasil pengolahan juga diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai
ttabel yaitu 3.461 > 1.753, maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan positif
antara kegiatan sales promotion dengan volume penjualan.
Description
Keywords
Sales Promotion